Informasi tempat wisata Candi, Kuliner, Pantai yang ada di Yogyakarta

Saturday 5 March 2016

Museum Ullen Sentalu

Ullen sentalu jogja
Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta).

Museum ini menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Di Museum Ullen Sentalu, dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Ullen sentalu jogja
Ullen Sentalu
Ruang pameran bawah tanah, Guwa Sela Giri. Teman-teman seakan dihantar ke masa kehidupan para tokoh yang tersaji dalam lukisan yang berjajar berdampingan. Setelah melewati lorong, teman-teman akan bertemu dengan alur labirin yang menuntun kita ke lima ruang pamer yang terletak di setiap sudut belok labirin.

Ruang pertama yaitu Ruang Syair, yang ditujukan untuk putri Pakubuwono XI, Tineke. Selanjutnya Royal Room Ratu Mas, ruangan ini didedikasikan untuk Permaisuri Pakubuwono X, terdapat lukisan Ratu Mas, foto keluarga dan pernak pernik pribadi milik Ratu Mas. Ruang Batik Vorstenlanden yang berisi beragam macam jenis batik dari Yogyakarta dan Surakarta. Setelah itu Ruang Putri Dambaan, ruangan yang didedikasikam untuk Gusti Nurul Koesoemawardhani. putri Keraton Yogyakarta yang menentang poligami.

Ullen sentalu jogja
Ullen Sentalu
Terakhir museum Retja Landa, yang berkonsep ruang terbuka yang memamerkan arca Hindu dan Buddha dari abad ke-8 masehi. Selain itu ada taman dan restoran bergaya Belanda.

Jam buka museum Ullen Sentalu ini Sabtu-Minggu 08:30 - 17:00, Selasa-Jumat 08:30 - 16:00 hari Senin tutup. Untuk harga tiket masuk 30rb untuk Indonesian dan 50rb untuk Turis asing.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Museum Ullen Sentalu

0 comments:

Post a Comment