Informasi tempat wisata Candi, Kuliner, Pantai yang ada di Yogyakarta

Wednesday 9 March 2016

Fakta Taman Sari

Fakta taman sari
Taman Sari
Setelah berkunjung ke Keraton Yogyakarta, dilanjutkan dengan tempat wisata lainnya yang masih di dalam lingkingan keraton yaitu Taman Sari.

Fakta mengenai Taman Sari
Taman Sari adalah taman istana raja yang dibangun pada era Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1700an. Pada zaman itu, area Taman Sari adalah danau yang sangat besar, yang baru surut setelah terkena dampak ledakan Gunung Merapi pada tahun 1800an. 

Di Taman Sari ini terdapat tiga buah kolam pemandian, satu untuk Sultan, satu untuk Permaisuri dan Putri, dan yang satu lagi untuk para Selir. Fungsi lain dari Taman Sari adalah untuk tempat peristirahatan keluarga Sultan dan untuk masalah keamanan. Pada masa it, ketika keadaan sedang genting, Sultan beserta keluarganya dapat bersembunyi ke ruang bawah tanah melalui pintu khusus yang menghubungkan area Keraton dengan Taman Sari.
Fakta taman sari
Kolam Permandian Taman Sari
Bagian yang paling ramai dikunjungi wisatawan di kompleks Taman Sari adalah taman pemandiannya. Terdapat sebuah menara di tengah ketiga kolam. Menara tersebut adalah tempat Sultan memantau selir mana yang akan ia panggil ke istananya.

Harga tiket masuk ke Taman Sari ini tergolong murah adalah 3000 dan 7000 untuk wisatawan asing. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fakta Taman Sari

0 comments:

Post a Comment